Tips Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Menurut anda, susahkah belajar bahasa Inggris?
Bila menurut anda belajar bahasa Inggris itu susah, maka sebelum anda memutuskan untuk belajar bahasa Inggris, sebaiknya anda pastikan dulu bahwa anda paham kenapa belajar bahasa Inggris itu menjadi susah.  Anda cari alasannya dan cari pula solusi pemecahannya.

Saya sudah mulai mengajar bahasa Inggris sejak Januari 1987, dan bila saya tanyakan kepada siswa-siswa saya tentang susahnya belajar bahasa Inggris, jawaban mereka rata-rata sama yaitu : masalah grammar, masalah tense, masalah kosakata, masalah speaking, masalah pronunciation, masalah reading, atau masalah listening.

Apakah itu pula yang merupakan alasan anda?
Berikut artikel saya seputar tips mengawali belajar bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan`

Harap dipahami, bahwa semua itu bukan masalah pokok  dari kesulitan kita dalam belajar karena semua itu ada solusinya. Namun permasalahan yang sebenarnya ada pada diri kita sendiri dan kita harus bisa mengatasi masalah itu agar belajar kita menjadi lebih mudah dam menyenangkan.  Masalah itu adalah 3 hal yang ada pada pikiran kita yaitu :
1.  Rasa malas. Ini adalah masalah mendasar yang menghambat proses belajar. Coba kita bayangkan, Apa yang bisa kita lakukan disaat kita sedang malas? TIDAK ADA. Ibaratnya kita sedang lapar dan di depan kita tersedia banyak aneka makanan tapi kita merasa malas untuk menyentuh makanan itu,hasilnya sampai kapanpun kita tidak akan merasa kenyang.  Tapi bila kita tidak malas, tentunya apapun akan kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita  inginkan termasuk belajar bahasa Inggris.
2.    Rasa takut salah. Ini adalah perasaan yang wajar karena siapapun tidak ada yang mau dengan sengaja ataupun tidak sengaja untuk berbuat salah. Konsekuensinya sudah jelas bahwa bila kita salah di rumah, orang tua kita pasti akan marah. Bila kita salah di sekolah, guru kita akan marah. Bila kita salah di masyarakat, hukum dan penjara sudah pasti akan menjeratnya dan bahkan bila kita salah menurut agama, Tuhan sudah menyiapkan neraka sebagai imbalannya. Jadi pantas kalau banyak orang takut akan berbuat salah. Tetapi dalam konteks belajar khususnya belajar bahasa Inggris, melakukan kesalahan adalah hal yang biasa dan saya menyarankan untuk mencoba sebanyak mungkin tanpa terlalu memikirkan akan benar atau salah karena ketika bahasa Inggris kita salah, sudah pasti guru kita akan menjelaskna kesalahan kita dan menuntun kita dengan yang benar. Dalam hal ini dengan kesalahan itu kita akan tahu yang benar.
3.     Rasa malu ditertawakan. Ini juga wajar karena tidak ada orang yang mau ditertawakan banyak orang. Tapi coba kita pahami bahwa ketika kita salah dalam belajar dan teman-teman kita tertawa, tidak ada kepastian bahwa teman-teman kita juga benar, jadi kenapa harus malu?

Saran saya mulailah fokus dalam belajar, jauhkan rasa malas, rasa takut salah dan rasa malu ditertawakan. Semua itu akan menghambat usaha kita. Yakinlah ketika ketiga hal tadi berhasil kita jauhkan maka permasalahan belajar bahasa Inggris seperti yang kita sebutkan diawal pasti akan mudah sekali kita atasi dan hasilnya akan bisa kita lihat dengan cepat seperti pengalaman penulis beberapa tahun yang lalu sebelum mengajar bahasa Inggris. Selamat belajar!
Tips Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan 4.5 5 Unknown 13 Desember 2015 Menurut anda, susahkah belajar bahasa Inggris ? Bila menurut anda belajar bahasa Inggris itu susah, maka sebelum anda memutuskan untuk b...


On : 13 Desember 2015,

If you enjoyed this article, sign up for free updates.

author picture

About Author

I'am Unknown, a part-time blogger from Indonesia who is the founder And Author of Saung Sukareret. I have desire on traveling, visiting new places, meeting new people, and sharing happiness, english education has been part of my life. You can subscribe me on G+ @ Unknown .

Tidak ada komentar

Posting Komentar